12 Cara Menciptakan Siswa Menjadi Aktif Dan Kreatif

6:27:00 AM
 Cara Membuat Siswa Menjadi Aktif dan Kreatif 12 Cara Membuat Siswa Menjadi Aktif dan Kreatif
Guru mempunyai tugas penting dalam mengenalkan dan membuatkan pemikiran kreatif pada siswa.
Kreativitas bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja. Dengan kreativitas semua bidang kehidupan akan semakin maju alasannya penemuan lahir dari kreativitas. Dengan membuat siswa di kelas menjadi siswa yang kreatif akan membuat siswa mengenali sendiri potensi dan kemampuannya, sehingga guru sanggup mengasah potensi tersebut.

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting, aktivitas aktif ini tidaklah hanya berupa keterlibatan secara fisik belaka, tetapi hal yang lebih utama yaitu keterlibatan intelektual-emosional. Guru mempunyai tugas penting dalam mengenalkan dan membuatkan pemikiran kreatif pada siswa.

Untuk membuatkan kreativitas siswa sanggup dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Berikut yang bisa dilakukan guru untuk membuat siswa di kelas menjadi lebih aktif dan kreatif menyerupai yang ditulis Agus Sampurno, seorang fasilitator pendidikan yang lansir dari gurukreatif.wordpress.com (22/01/18).

1. Minta siswa mengajarkan siswa lainnya sebagai bab dari taktik belajar.

2. Latih siswa untuk beropini dengan terperinci dan lancar, sebagai cara membuat siswa percaya diri di depan teman.

3. Biasakan siswa untuk bisa berpartisipasi dalam kelompok.

4. Buat aktivitas di kelas semoga siswa bisa berpikir berdikari sekaligus menjadi pemecah masalah.

5. Siapkan penugasan bagi siswa yang di ujung penugasannya siswa diminta mengekspresikan diri secara kreatif bisa dengan drama, komik atau hal lain yang menuntut siswa kreatif.

6. Sering-seringlah meminta siswa bekerja sama dalam kelompok semoga mereka terbiasa bekerja sama dengan orang lain.

7. Sering-sering memberi penugasan yang kreatif contohnya daripada sekedar meminta siswa merangkum isi buku, lebih baik meminta siswa mendesain ulang covernya.

8. Mengikut sertakan ‘suara’ siswa dalam perencanaan pengajaran. Dengan demikian siswa biasa mengungkapkan pikiran dan berani mengungkapkan pendapat.

9. Saat membahas sesuatu di kelas, sering-seringlah bertanya, “apa yang terlintas di pikiranmu dikala mendengar kata……”

10. Berikan pekerjaan rumah yang berkualitas pada siswa, bukan yang sekedar membuat siswa pusing. Misalnya daripada meminta siswa mengerjakan soal pilihan ganda, lebih baik meminta siswa melaksanakan wawancara, memotret gambar lewat HP lalu menawarkan komentar dan banyak aktivitas lainnya yang membuat siswa tertantang.

11. Memperbanyak diskusi dan interaksi antar siswa di kelas, mengurangi ceramah dan komunikasi satu arah di kelas, hanya dari guru pada siswa.

12. Menciptakan budaya menjelaskan di kelas, bukan sekedar menjawab yang betul. Artinya jikalau ada siswa yang menjawab betul minta ia menjelaskan alasannya dengan demikian siswa yang lain bisa terbantu dalam berusaha untuk mengerti.

Baca: Guru Harus Beri Kesempatan Siswa Kaprikornus Problem Solver

Intinya, untuk membuatkan kreativitas siswa bisa dilakukan dengan mengondisikan atau membangun suasana yang memicu kemampuan berpikir dan berkarya. Dasarnya yaitu menguasai pengetahuan, juga menerapkan ilmu dalam bentuk keterampilan. Dengan membuat sesuatu yang gres akan terus memancing imajinasi siswa. Selamat mencoba

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments