Pendekatan disiplin dengan contoh kekerasan sudah tidak relevan ketika ini. |
Baca juga: Guru Tak Bisa Dipidana Karena Mendisiplinkan Siswa
Susanto menyarankan dalam mendidik, guru membuatkan konsep disiplin positif. Konsep disiplin positif yaitu upaya menumbuhkan kedisiplinan pada siswa dengan pendekatan yang menumbuhkan tanggung jawab, kesadaran dan komitmen. Makara sudah tidak zamannya lagi dalam mendidik menjadikan ketakutan, kegelisahan bahkan ancaman. Ia meyakini setiap anak punya potensi untuk menjadi baik dan sanggup dikembangkan dengan banyak sekali pendekatan.
"Karena itu pendekatan disiplin dengan contoh kekerasan sudah tidak relevan ketika ini," kata Susanto yang kutip dari Antaranews (08/03/17).
Terkait dengan pernyataan kalau zaman dulu guru mendidik dengan keras sehingga banyak murid yang berhasil, beliau menyampaikan kalau semenjak dulu diterapkan disiplin positif maka murid jauh akan lebih sukses. Ia mengakui ketika ini guru berada dalam problem lantaran gamang dan takut menjalankan profesi alasannya yaitu ada sejumlah guru yang tersangkut kasus aturan akhir mendisiplinkan siswa.
"Guru harus sanggup memilah mana wilayah kekerasan dan mana wilayah pendidikan," ujarnya.
Saat ini kasus guru yang berhadapan dengan aturan lantaran perlakuan terhadap siswa sudah jauh menurun dibandingkan sebelumnya. KPAI mengapresiasi turunnya kasus pelaporan guru oleh orang renta siswa kepada penegak hukum. Ia menyampaikan ini yaitu langkah terbaik anak harus dilindungi dan guru sanggup menjalankan kiprah dengan baik.