Orang renta maupun guru perlu mempertimbangkan kesiapan anak untuk masuk dan berguru di SD. |
Baca juga: Bukan Ijazah TK, Usia Syarat Utama Masuk SD
SD (SD) merupakan jenjang pendidikan dasar sehabis taman kanak-kanak (TK). Disini perlu dilihat bahawa Taman Kanak-kanak bukanlah miniatur SD. Dua jenjang pendidikan ini memiliki arah pendidikan yang berbeda. Taman Kanak-kanak sebagai kawasan pendidikan untuk menyiapkan anak untuk masuk di SD. Suasana belajarnya yaitu “bermain sambil belajar”, dengan konsep bermain sambil berguru akan mengakibatkan berguru sebagai acara berguru sebagai acara yang menyenangkan bukan sebagai beban.
Anak berguru berinteraksi, malatih mororik halus melalui acara menggambar, mengendalikan diri dan mengenal warna. Sedangkan SD tuntutan belajarnyapun semakin berat. Anak berguru dalam kelas dengan waktu yang begitu lama, kiprah belajarpun semakin banyak. Maka oleh alasannya yaitu itu orang renta maupun guru perlu mempertimbangkan kesiapan anak untuk masuk dan berguru di SD. Adapun hal yang harus dikuasai oleh anak sebelum masuk ke SD yaitu sebagai berikut:
1. Kesiapan fisik
Disini anak harus sudah siap untuk bisa duduk sekitar dua jam lebih dalam kelas. Harus sudah sanggup kontrol buang air kecil dan besar, tahan haus dan lapar. Kematangan motoric halus sangat diharapkan alasannya yaitu koordinasi motorik halus berkaitan dengan ketrampilan menulis.
2. Kematangan Kognitif
Kematangan kognitif berkaitan kemampuan yang harus dimiliki oleh anak dalam acara berguru di SD berkaitan dengan konsep/materi pembelajaran. Kemampuan penjabaran dan identifikasi hal-hal sederhana sangat diharapkan juga. Kematangan kognitif tidak hanya berkaitan dengan menghafal tapi juga berkaitan dengan berpikir sistematis, logis, runtut, dan bahkan abstrak.
3. Kematangan Emosi
Kematangan ini berkaitan dengan kemampuan mengendalikan diri, mengeskpresikan emosi secara sempurna dan benar, serta tidak gampang putus asa. Kemampuan ini akan membantu anak dalam menghadapi suasana berguru yang berat dan kiprah berguru yang menekan.
4. Kematangan Sosial
Disini anak harus sudah siap untuk sanggup beriteraksi dengan teman kelas yang cukup banyak. Kemampuan mengikuti keadaan dan bergaul sangat diharapkan anak biar anak tidak dikucilkan atau ditolak.
Bila keempat hal diatas belum betul-betul dikuasai calon siswa SD maka tidak akan menutup kemungkinan anak akan mendapat persoalan-persoalan dalam belajar. Ddianjurkan biar orang renta atau sekolah untuk tidak hanya memperhatikan saja faktor kemampuan berpikirnya saja dan umur kronologisnya saja tapi juga keempat hal diatas.
*) Ditulis dan dikirimkan ke oleh Heronimus Delu Pingge. Bekerja di STKIP Weetebula Sumba NTT