Guru yang mengerti dunia anak, bahkan paham akan psikologi siswanya. Itulah sosok guru yang sukses, profesional dan keren. |
"Guru yang diimpikan siswanya itu yaitu guru yang memperhatikan dan mengerti dunia bawah umur yang dididik, bahkan paham akan psikologi siswanya. Itulah sosok guru yang sukses, profesional dan keren," kata Kak Seto yang kutip dari Republika (25/05/16).
Kak Seto yang di masa kemudian terkenal dengan yang disukai bawah umur ini menyampaikan anak bukanlah orang cukup umur ukuran mini, dunia mereka yaitu dunia bermain. Anak, selain bertumbuh secara fisik ia juga berkembang secara psikologis, ia kreatif dan suka meniru.
Baca juga: Menjadi Guru yang Dicintai Siswa
Dunia anak yaitu dunia bermain, oleh lantaran itu berdasarkan dia, cara mendidik anak haruslah dengan cara bermain. Bukan dengan cara kekerasan ibarat membentak atau meninggikan suara, bahkan marah-marah kepada siswa.
Dalam kaitan ini, Kak Seto menjelaskan lima ciri utama mendidik anak dengan cara bermain, yaitu sebagai berikut:
1. Bermain didorong oleh motivasi dari diri sendiri, sehingga apa akan dilakukan anak memang betul-betul memuaskan dirinya, bukan lantaran iming-iming hadiah atau lantaran diperintah orang lain.
2. Bermain dipilih secara benar sesuai impian anak.
3. Bermain yaitu acara yang menyenangkan.
4. Bermain tidak selalu harus menggambarkan hal yang sebenarnya.
5. Bermain senantiasa melibatkan tugas serta aktif anak, baik secara fisik, psikologis maupun keduanya sekaligus.
Untuk bisa mendidik anak dengan bermain, seorang guru harus juga menjadi seorang pendongeng, penyanyi, bahkan pesulap. Selain memahami psikologi anak yang suka bermain, juga ditekankan pentingnya melatih dan membuatkan kemampuan anak.
"Sebagai seorang pendidik yang baik pun, kita juga perlu serius melatih dan membuatkan aneka macam kemampuan ibarat perilaku rendah hati, ramah, sopan santun, kedisiplinan, juga kemampuan berbicara secara jelas, tegas, lancar, menarik, menyanyi, bergerak lincah dan gesit, serta yang paling penting yaitu kreatif," terang Kak Seto.