Rpp Matematika Kelas 6 Sd Kurikulum 2013

7:35:00 PM
RPP Matematika kelas 6 SD Kurikulum 2013.
Penerapan Kurikulum 2013 (K13) pada proses pembelajaran di SD (SD) memakai pendekatan tematik terpadu. Mata pelajaran yang dipadukan ialah PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Untuk kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI mata pelajaran Matematika dan PJOK atas pertimbangan tertentu dipisahkan dari Pembelajaran Tematik Terpadu.

Untuk mata pelajaran Matematika, pada buku Tematik Terpadu kedalaman materinya terasa dangkal. Oleh alasannya ialah itu, siswa tidak mendapat pemahaman konsep matematika secara mendalam. Dengan demikian, perlu dipakai buku Matematika secara terpisah. Salah satu alasannya, Matematika mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metode untuk melaksanakan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif.

Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6


  • 3.1 Menjelaskan bilangan lingkaran negatif (termasuk memakai garis bilangan)
  • 3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan lingkaran negatif
  • 3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam banyak sekali bentuk
  • 3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
  • 3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
  • 3.6 Menjelaskan diagonal bidang dan diagonal ruang suatu bangkit ruang
  • 3.7 Menganalisis prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
  • 3.8 Menjelaskan bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya
  • 3.9 Menjelaskan dan memilih modus, median, dan mean dari data tunggal

Menyusun RPP Matematika SD Kurikulum 2013

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu; Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative), serta HOTS (Higher Order Thinking Skill). Sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu untuk mengintergrasikan empat macam tersebut dalam sebuah RPP.

RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku panduan guru, dan rujukan lain yang mendukung. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah.

RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku panduan guru, dan rujukan lain yang mendukung. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.


Komponen Penyusunan RPP Matematika K13


  • a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  • b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  • c. kelas/semester;
  • d. bahan pokok;
  • e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  • f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  • g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  • h. bahan pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  • i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
  • j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
  • k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
  • l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  • m. evaluasi hasil pembelajaran.

RPP MATEMATIKA KELAS 6 KURIKULUM 2013

  • RPP Matematika Kelas 6 - Operasi Hitung Campuran
  • RPP Matematika Kelas 6 - Operasi Hitung Bilangan Pecahan
  • RPP Matematika Kelas 6 - Lingkaran
  • RPP Matematika Kelas 6 - Bangun Ruang
  • RPP Matematika Kelas 6 - Gabungan Bangun Ruang

RPP Matematika kelas 6 SD Kurikulum 2013 sanggup didownload melalui tautan berikut ini:


RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh alasannya ialah itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang pribadi berkait dengan kegiatan pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Diperlukan kreatifitas guru dalam menciptakan RPP Matematika sesuai Kurikulum 2013 (K13).

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments