Peserta didik aktif menemukan, memproses, dan mengonstruksi ilmu pengetahuan dan ketrampilan. |
AKTIF
Guru memfasilitasi penerima didik
Untuk melaksanakan percobaan
Melibatkan penerima didik mencari isu wacana topik/materi yang sedang dipelajari
INOVATIF
Dapat memunculkan wangsit /gagasan gres dalam penyelesaian masalah
KREATIF
Menemukan banyak sekali cara /jalan dalam pembelajaran
EFEKTIF
Penggunaan waktu yang terbatas untuk menuntaskan dilema dalam KBM sesuai rencana/tujuan yang akan dicapai.
MENYENANGKAN
Peserta didik berguru dalam suasana menyenangkan (tidak tertekan, tidak takut)
GEMBIRA
Suasana yang bangga tanpa tekanan
Sesuai perkembangan penerima didik
BERBBOBOT
Proses berguru mengajar yang sesuai dengan planning dan tujuan
Mengarah pada keberhasilan proses berguru mengajar sesuai kompetensi dasar
Prinsip Metode Pembelajaran Paikem Gembot
1. Guru memahami karakteristik penerima didik: sifat ingin tahu dan berimajinasi (modal dalam perkembangan sikap, berpikir kritis dan kreatif)
2. Guru mengenal penerima didik secara individu (latar belakang dan kemampuannya)
3. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif
4. Menciptakan ruang kelas sebagai linkungan berguru yang menarik (fisik,sosial, budaya)
5. Umpan balik untuk meningkatkan aktivitas (interaksi antara guru dan penerima didik)