Tujuan utama memakai metode inquiri yaitu membantu siswa dalam berbagi keterampilan inovasi ilmiah. |
Metode mengajar yaitu suatu pengetahuan ihwal cara-cara mengajar yang dipakai oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain yaitu teknik pengajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun kelompok, biar pelajaranitu sanggup disrap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.makin baik metode mengajar makin efektif pula pencapaian tujuan. ( Ahmadi, 2005 : 52). Proses inquiri yaitu suatu proses khusus untukmeluaskanpengetahuan melalui penelitian.
Peran utama guru dalam pelajaran inquiri sebagai metoderator (Sutrisman,Tambunan 1987:6-39). Metode inquiri merupakan metode pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan berbagi cara berpikir ilmiah. Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak berguru sendiri dan berusaha berbagi kreatifitas dalam berbagi duduk kasus yang dihadapinya sendiri. Dan tujuan utama memakai metode inquiri yaitu membantu siswa dalam berbagi keterampilan inovasi ilmiah.
Langkah-langkah penerapan metode inquiri
Kegiatan-kegiatan berguru yang disajikan dalam semangat banyak sekali inquiri menambah motivasi dan dan memajukan partisipasi aktif (Hamalik,200 :64). Syarat-syarat penerapan metode inquiri yaitu merumuskan topik inquiri dngan terang dan bermanfaaat bagi siswa, membantu kelompok yang seimbang baik akademik mupunsosial dan mejelaskan tugas, menyediakan balikan kepada kelompok-kelompok dengan cara yang responsive dan sempurna waktunya.
Sekali-sekali perlu intervensi oleh guru biar terjadi interaksi antara langsung yang sehat dan demi kemajuan tugas. Melaksanakan evaluasi terhadap kelompok, baik terhadap kemajuan kelompok maupn hasil-hasil yang dicapai (Hamalik,2004 :65).
Menurut pendapat Sudjana (2004 :155) dalam menerapkan metode inquiri yaitu beberapa tahapan yaitu : perumusan duduk kasus untuk dipecahkan siswa menetapkan balasan sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis, siswa mencari informasi, data, fakta yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan atau hipotesis, dalam menarik kesimpulan atau generalisasi, mengaplikasikan kesimpulan dalam situasi baru.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Inquiri:
a. Kelebihan Metode Inquiri
Siswa aktif dalam kegiataan belajar. Sebab ia berpikir dan menggunnakan kemampuan untuk hasil final perkembangan secara bepikir ilmiah. Seperti mengali petanyaan, mencari jawaban, dan menyimpulkan atau memproses keterangan. Dengan metode inquiri sanggup dikembangkan seluas-luasnya dan melatih anak untuk berguru sendiri dengan kasatmata sehingga sanggup dikembangkan pendidikan demokrasi.
b. Kelemahan Metode Inquiri
Metode inquiri kurang cocok pada anak yang usianya terlalu muda contohnya anak Sekolah Dasar khususnya di kelas rendah. Dengan penerapan metode inquiri memerlukan kecerdasan anak yang tinggi, bila anak kurang cerdas, karenanya kurang efektif.
Berdasarkan pendapat tersebut diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi semua itu sanggup diatasi dengan baik jikalau seorang guru kreatif dalam menggunakannya dan siswa akan terlihat aktif dalam proses berguru mengajar.