Download soal latihan dan kunci tanggapan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kelompok kompetensi (KK) A dan B. |
Peta profil hasil UKG memperlihatkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru.
Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diperlukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) memperlihatkan proteksi yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.
Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru jenjang Sekolah Dasar telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipelajari oleh penerima selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru jenjang Sekolah Dasar kelompok kompetensi (KK) A untuk materi pedagogiknya yaitu Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik, dan untuk profesionalnya yaitu Penguasaan dan Ketrampilan Berbahasa Indonesia.
Sedangkan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru jenjang Sekolah Dasar kelompok kompetensi (KK) B untuk materi pedagogiknya yaitu TEORI BELAJAR DAN PRINSIP PEMBELAJARAN, dan untuk materi profesionalnya yaitu GENRE DAN APRESIASI SASTRA.
Contoh soal latihan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru jenjang Sekolah Dasar kelompok kompetensi (KK) A dan B yaitu sebagai berikut:
23. Penalaran adab didasarkan pada hukuman. Anak-anak taat alasannya yaitu menghindari hukuman, menaruh
hormat alasannya yaitu melihat sifat yang memberi aturan yang bersangkutan. Merupakan perkembangan adab pada tahap....
A. Orientasi ganjaran
B. Orientasi eksekusi dan ketaatan
C. Orientasi otoritas
D. Orientasi kontrak social
24. Kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap sikap dan kegiatan disebut,,,,
A. kecerdasan majemuk
B. kecerdasan intelegensi
C. kecerdasan spiritual
D. kecerdasan natural
28. Pada umur empat bulan Difa sudah mengucapkan kata ma ma ma dan da, da,da. Tahap pemerolehan bahasa yang terjadi pada Difa adalah...
A. Cooing
B. Babling
C. Holofrastis
D. Telegrafik
36. Kami melakukan diskusi di dalam kelas. Kalimat yang mempunyai teladan yang sama dengan kalimat tersebut adalah:
A. Ibu guru mengajar di kelas
B. Para siswa membaca buku di perpustakaan
C. Adik sedang berenang di Ancol
D. Ayah membaca di teras rumah
48. Pendekatan pengolahan KBM yang berfokus pada pelibatan secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil berguru yaitu pendekatan....
A. keterampilan proses
B. konstruktivisme
C. inqury
D. Whole Language
Selengkapnya 100 soal latihan dan kunci tanggapan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru jenjang Sekolah Dasar kelompok kompetensi (KK) A dan B sanggup didownload melalui tautan berikut:
Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) jenjang Sekolah Dasar ini diperlukan sanggup menjadi materi bacaan wajib bagi para guru untuk sanggup meningkatkan pemahaman perihal kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan kiprah pokok dan fungsinya sehingga bisa meningkatkan prestasi pendidikan anak didik.