Silabus Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. |
Silabus tematik Kurikulum 2013 SD/MI dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk bahan pembelajaran menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan adonan kegiatan pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema tersebut.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyebarkan silabus tematik
1. Mengidentifikasi bahan pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.
2. Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi akseptor didik, kemudian menentukan beberapa tema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.
3. Memetakan bahan pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaan bahan perlu juga memperhatikan keruntutan dari bahan untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan dari bahan tersebut supaya mendapat alokasi waktu yang cukup.
4. Merancang kegiatan pembelajaran menurut pemetaan bahan pelajaran yang telah dilakukan.
5. Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang menurut tema atau sub tema yang telah diajarkan.
6. Melaporkan hasil penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang telah dicapai. Hasil penilaian ini akan dijadikan dasar bagi pendidik untuk melaksanakan penilaian pembelajaran. Hasil penilaian ini dipakai untuk mengidentifikasi tema dan bahan pembelajaran kembali.
Download Silabus Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
- Silabus Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Panas dan Permindahannya
- Silabus Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan
- Silabus Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
- Silabus Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Benda-benda di Sekitar Kita
Dalam buku Silabus Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 tersebut berisi; Karakteristik Mata Pelajaran di SD, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengembangan Silabus Tematik, Pembelajaran dan Penilaian, Kontektualisasi Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran. Guru atau satuan pendidikan sanggup menyebarkan silabus tematik dengan mengambil tema yang diadaptasi dengan karakteristik satuan pendidikan.