10 Perangkat Pembelajaran Yang Harus Dimiliki Guru. |
1. Silabus
Perangkat pembelajaran ini berisi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Untuk mencapainya diukur menurut indikator pencapaian. Silabus mirip ringkasan dari kurikulum sebab di dalamnya ada sasaran pencapaian, media, dan lain sebagainya.
2. RPP
RPP atau planning pelaksanaan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh guru dalam rangka santunan pelayanan kepada peserta didik. Perencanaan yang dirancang mencangkup model, metode, pelaksanaan, penilaian dan instrument penilaian.
3. Prota
Program tahunan atau prota merupakan batasan materi yang harus diselesaikan dengan batas waktu yang tertera terang pada table kegiatan tahunan. Prota berisi distribusi materi selama satu tahun pelajaran yang terdiri dari dua semester, prota terbentuk dari kegiatan semester.
4. Promes
Program semester atau promes merupakan citra distribusi materi selama satu semester menurut SK dan KD yang telah dirumuskan dalam Standard Isi.
5. Buku Absen
Buku ini berisi sejumlah nama peserta didik dalam kelas yang kita bina. Buku ini fungsinya untuk mengontrol kehadiran peserta didik.
6. Buku Jurnal
Buku ini berisi beberapa catatan penilaian prilaku peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan sebagainya.
7. Buku penilaian
Buku ini dipakai untuk menyimpan data-data hasil penilaian terhadap peserta didik.
8. Bundel portofolio
Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa dikumpulkan jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu. Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan sanggup diukur sehingga memudahkan guru memilih model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel ini, seorang guru sanggup menyimpulkan keberhasilan pembelajaran di kelasnya.
9. Bank Soal
Ini ialah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik.
10. Media
Dalam menyajikan pelajaran, media menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Tentang media, dibutuhkan penemuan dan kreativitas guru untuk memilih media-media yang diharapkan dalam kaitannya dengan pokok bahasan yang diberikan.