Kkm Kelas 5 K13 Tahun Pelajaran 2018/2019

7:27:00 PM
 diterapkan pada semua jenjang SD  KKM Kelas 5 K13 Tahun Pelajaran 2018/2019
Download Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019.
Pada tahun pelajaran 2018/2019, Kurikulum 2013 (K13) diterapkan pada semua jenjang SD (SD) di seluruh Indonesia. Salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran yang harus dibentuk guru, khususnya guru kelas 5 SD/MI adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

KKM yakni kriteria paling rendah untuk menyatakan siswa mencapai ketuntasan. Dengan Kurikulum 2013, guru sanggup lebih leluasa dalam menentukan nilai KKM. Persentase tingkat pencapaian kompetensi dasar dalam KKM dinyatakan dengan angka 1 - 100.

Meskipun pada Kurikulum 2013 kelas 5 SD/MI memakai metode tematik terpadu, untuk KKM kelas 5 SD/MI yang dibentuk pada awal tahun pelajaran ini tetap dibentuk permata pelajaran, yakni muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP.

Cara Menentukan KKM Kurikulum 2013

KKM Kurikulum 2013 SD dirumuskan dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek: karakteristik akseptor didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas bahan / kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Prosedur penentuan KKM sanggup dilakukan antara lain dengan cara berikut:

  • Menghitung jumlah KD setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.
  • Menentukan nilai aspek karakteristik akseptor didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung)
  • Di dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara kepala sekolah,pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya.

Download KKM Kelas 5 Tahun Pelajaran 2018/2019

Guru kelas 5 SD/MI yang telah menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2018/2019 harus menyusun KKM sebagai salah satu kelengkapan manajemen kelas yang harus dibentuk dan dimiliki guru kelas.

Anda sanggup mengubah atau menyusun kembali KKM dengan memperhatikan kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa. KKM untuk kelas 5 sesuai dengan Kurikulum 2013 format excel sanggup didownload melalui tautan berikut:



KKM sekolah harus ditetapkan pada awal tahun pelajaran. Sekolah harus melaksanakan sosialisasi KKM semoga gosip sanggup diakses oleh siswa dan orang tuanya, lantaran mereka berhak untuk mengetahui.

Baca: Pemetaan KD Kelas 5 K13 Tahun Ajaran 2018/2019

Satuan pendidikan atau sekolah sanggup menentukan satu KKM untuk semua mata pelajaran. Setelah KKM setiap mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan sanggup ditetapkan dengan menentukan KKM yang terendah, rata-rata, atau modus dari seluruh KKM mata pelajaran.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments