Memberikan reward atau hadian kepada siswa dalam upaya meningkatkan motivasi berguru siswa. |
Jika faktor guru mempunyai kompetensi dalam melaksanakan tugasnya tetapi siswanya tidak mempunyai motivasi untuk berguru maka proses berguru mengajarpun tidak akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, demikian pula sebaliknya bila faktor siswanya siap, mempunyai rasa yang tinggi untuk mengetahui sesuatu tetapi guru tidak mempunyai kemampuan dan kualitasnya rendah, proses berguru mengajarpun tidak akan mencapai tujuan pembelajaran.
Baca juga: Strategi untuk Mengenal Karakter Peserta Didik
Guru, sebagai salah satu faktor penunjang dalam aktivitas berguru mengajar haruslah mempunyai kompetensi yang mumpuni, aktivitas berguru ini haruslah mengacu pada prinsip-prinsip berguru mengajar, yakni adanya perbuatan atau aktivitas anak didik yang dibantu oleh guru untuk sanggup mengubah tingkah lakunya, bertambah wawasannya, serta mengalami pertumbuhan yang normal. Guru dituntut untuk melayani secara optimal dalam membantu siswa mengasah kemampuannya baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotornya.
Banyak taktik pengajaran yang bisa diterapkan oleh guru yang intinya semua taktik tersebut bertujuan biar proses berguru menagajar berlangsung baik sehingga sanggup mencapai tujuan, salah satunya yaitu memperlihatkan reward atau hadian kepada siswa dalam upaya meningkatkan motivasi berguru siswa.
Guru jangan hanya memperlihatkan hukuman kepada siswa yang telat tiba ke sekolah, tetapi juga harus memperlihatkan hadiah kepada siswa yang selalu sempurna dan rajin. Berikan hadiah kepada siswa yang menjadi motivator baik di kelas, atau sekolah secara umum. Sekecil apapun aktivitas berguru mengajar uapayakan ada reward sebagai upaya meningkatkan semangat berguru siswa.
Ada beberapa manfaat dalam memperlihatkan reward kepada siswa dalam aktivitas berguru mengajar, manfaat bagi siswa diantaranaya :
1. Siswa akan merasa senang dalam belajar, dan secara tidak pribadi akan berupaya menjadi yang terbaik
2. Akan terjalinnya korelasi yang baik antara guru dan siswa, sehingga siswa akan merasa betah belajar
3. Melatih siswa untuk lebih semangat memahami dan menguasai dalam pembelajaran
4. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran
5. Meningkatkan motivasi siswa dan membuat suanana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
Manfaat bagi guru, diantaranya :
1. Dapat memperlihatkan suatu donasi faktual yang dibutuhkan sanggup bermanfaat untuk membantu membuat suasana pembelajaran yang kondusif.
2. Memberikan dorongan untuk melaksanakan kreasi dan penemuan dalam pembelajaran yang dibutuhkan sanggup meningkatkan hasil dan kualitas berguru itu sendiri.
Semoga dengan bekal pengetahuan yang terdapat dalam goresan pena ini bisa meningkatkan kualitas proses berguru mengajar sehingga siswa sanggup dengan cepat menguasai materi pelajaran secara baik dan berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
*) Ditulis oleh Ayi Wahyudin, Guru SDN Cikidang UPTD TKSD Kec. Rancabali Kab. Bandung